Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

TAREKAT NAQSYABANDIYAH AL-KHALIDIYAH KURIK

TAREKAT NAQSYABANDIYAH AL KHALIDIYAH KURIK

Tharekat Naqsyabandiyah Al kholidiyah Kurik, merupakan tarekat yang dibawakan oleh Syekh H. Muhammad Harun Bin Sudji Tajul Arifin Al Makasari II Habibullah Rahmatullah Al Baqi Billah yang berawal dari gurunya Syekh H.Djalaluddin (Alm) Silsilah TN Ke-35, dari Jabal Qubis Mekkah pada tahun 1923 M. Setelah selesai belajar Tharekat Naqsyabandiyah dari Syekh Ali Ridha silsilah TN ke-34, oleh gurunya tersebut Syekh. H. Djalaluddin Mendapat Ijazah Ismu Dzat dan diangkat menjadi Khalifahnya untuk Mengajarkan, Mempertahankan, Membela serta Menyebarluaskan Tharekat Naqsyabandiyah Al Khalidiyah kepada masyarakat. Syekh Ali Ridho juga memberikan sebuah kitab pegangan Tharekat Naqsyabandiyah Khalidiyah yang berjudul “Syahifatusyafa lil ahlil wafa” kepada Syekh H.Djalaluddin.
Kitab ini merupakan karangan seorang Waliyullah yang bernama Syekh Sulaiman Zuhdi silsilah TN ke-33 yang merupakan ayah dari Syekh Ali Ridho Istikomah ( di Jabal Kubis Mekkah ) silsilah TN ke-34. Tharekat Naqsyabandiyah Khalidiyah di nisbatkan kepada Syekh Khalid Kurdi silsilah TN ke-30, seorang Mujadid Tharekat Naqsyabandiyah yang telah berjasa besar dalam mengembangkan dan membesarkan tharekat ini, sehingga atas jasa-jasa beliau, sepeninggal beliauajaran Tharekat Naqsyabandiyah yang beliau bawa diberi nama tambahan dibelakang yaitu Khalidiyah. Jadi sampai sekarang terkenal dengan Tharekat Naqsyabandiyah Al Khalidiyah.
Dalam perkembangannya menyebarkan Tharekat Naqsyabandiyah Syekh H. Djalaluddin yang dilahirkan di Kotobaru Tigo Maninjau Sumatera Barat pada tanggal 31 Desember 1882 ini, tidaklah mudah beliau kerap kali mendapat hambatan dan rintangan baik yang datangnya dari pihak penjajah Belanda maupun dari para ulama yang anti tharekat, kerap kali beliau mendapat perlakuan yang tidak baik dari penjajah dan mendapat cercaan (kafir, zindik, mengajarkan ajaran yang sesat menyesatkan ) dari ulama-ulama anti tarekat. Namun Syekh H. Djalaluddin tidak gentar dengan bermodalkan Dzikrullah dihati yang istiqomah, beliau hadapi semua itu dengan ketabahan, hingga akhirnya beliau membentuk sebuah organisasi yang bernama PPTI singkatan dari “PERSATUAN PEMBELA THAREKAT ISLAM” yang merupakan wadah perjuangan untuk membela dan menegakkan Tharekat Naqsyabandiyah Khalidiyah dan Tharekat-tharekat lain yang Mu`tabar.
Ajaran Tharekat Naqsyabandiyah yang dibawa oleh Syekh H. Djalaluddin sangatlah sistematis terdiri dari 17 Tingkat Mata pelajaran yaitu :

1. Dzikir Ismu Dzat.
2. Dzikir Lathaif.
3. Dzikir Napi Isbat.
4. Dzikir Wuquf.
5. Muraqabah Ithlaq.
6. Muraqabah Ahdiyatul`af`aal.
7. Muraqabah Ma`iyah.
8. Muraqabah Aqrabiyah.
9. Muraqabah Ahdiyatuz `zat
10. Muraqabah Zatus `syarfi walbuhti.
11. Maqam Musyahadah.
12. Maqam Mukasyafah.
13. Maqam Muqabalah.
14. Maqam Muqafahah.
15. Maqam Fanafillah.
16. Maqam Baqabillah.
17. Tahlil Lisan 7 Derajat.

Setiap murid TN (Tharekat Naqsyabandiyah) tetap memegang teguh 11 ajaran Syekh Bahauddin Naqsyabandi diantaranya :

1. Wuquf Zamani
2. Wuquf `Adady
3. Wuquf Qalby
4. Nazar Barqadam
5. Husy Dardam
6. Safar Darwathan
7. Khalwat Darandjuman
8. Jaad Kard
9. Baaz Kasyt
10. Nakah Dasjat
11. Jaad Dasjat.

Tujuan Tharekat Naqsyabandiyah Khalidiyah (TNKH)

Tujuan dari TNKH seperti yang pernah dikatakan oleh Syekh H. Djalaluddin ialah “Berkekalan berkepanjangan memperhambakan diri lahir dan bathin, dan berkekalan berkepanjangan hadir hati beserta Allah”. Ahli TNKH tidak bertujuan untuk menjadi Mulia, Kaya, Sakti digdaya, hebat dsb yang dituju ahli TN ialah hanya Allah dan mengharap RidhoNya. Ke 17 Tingkat mata pelajaran diatas merupakan jalan para Auliya Allah dalam mencari Allah dan menemukan Allah. Di dalam perjuangannya Syekh H. Djalaluddin mengarang buku-buku Tharekat khususnya yang berkaitan dengan ajaran TNKH yang sampai
saat ini masih menjadi kitab pegangan dan rujukan para murid-murid TN, yang mana sebagian dari isi kitab karangannya itu merupakan pengalaman ruhani pribadi Syekh H.Djalaluddin dalam mengamalkan ke 17 tingkat mata pelajaran TNKH. kitab-kitab tersebut diantaranya
- Sinar Keemasan jilid 1 & 2
- Buku Penutup Umur & 1001 Wasiat Terakhir
- Kitab Pertahanan Tharikat Naqsyabandiyah ( 4 Jilid )
- Kitab Mutiara Tharikat Naqsyabandiyah ( 6 Jilid )
- Pembuka Rahasia Allah ( 5 Jilid )
- Bangkai berjalan orang mati kembali hidup
- Pembuka Surga Dan Penutup Neraka

Semasa hidupnya Syekh H. Djalaluddin mengarang kitab-kitab kurang lebih sebanyak 55 buah kitab. Syekh H. Djalaluddin wafat pada hari Jum`at di Jakarta pada tanggal 23 Juli 1976 dalam usia 96 tahun. Dan kepengurusan Tharekat Naqsyabandiyah Khalidiyah dan PPTI diteruskan oleh Muridnya terkasih (Habibullah) yakni Syekh Mursyid H. Muhammad Harun Bin Sudji Tajul Arifin Al Makasari II Habibullah Rahmatullah Al Baqi Billah.


Syekh Mursyid H. Muhammad Harun Bin Sudji Tajul Arifin Al Makasari II Habibullah Rahmatullah Al Baqi Billah.

Beliau merupakan murid terkasih (Habibullah) dari Syekh H. Djalaluddin, sambil menimba ilmu Tharekat dari gurunya hingga tamat beliau tetap menjalankan pekerjaan beliau sebagai nakhkoda kapal. Dimana saja beliau bertempat/berada entah itu ditengah laut maupun didarat, beliau tetap mengamalkan pelajaran yang diterima dari Syekh H. Djalaludin, tanpa ada yang ditambah atau dikurang2. Maka tak heran jika Syekh H. Muhammad Harun Bin Sudji Tajul Arifin Al Makasari II Habibullah Rahmatullah Al Baqi Billah diangkat menjadi Khalifah oleh gurunya dan mendapat gelar Syekh Mursyid pemegang amanah silsilah Tharekat Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah yang ke 36, dan diberi wewenang untuk mengajarkan dan menyebarkan TN. Kini beliau telah istirahat yang syariatnya meninggal, Alasannya karena beliau telah lelah dan beliau merasa bahwa muridnya sudah ada yang mampu untuk diserahi amanah sebagai pewaris kemursyidan. Dan pada tahun 2002 itu juga beliau menyerahkan amanah itu kepada Syekh Hamdani Al Jawani Kurik Bin Syekh H. Muhammad Harun Bin Sudji Tajul Arifin Al Makasari II Habibullah Rahmatullah Al Baqi Billah.




Syekh Mursyid Hamdani Al Jawani Kurik Bin Syekh H. Muhammad Harun Bin Sudji Tajul Arifin Al Makasari II Habibullah Rahmatullah Al Baqi Billah.

Beliau merupakan salah satu murid dari sekian banyak murid dari Tuan Guru Syekh H. Muhammad Harun Bin Sudji Tajul Arifin Al Makasari II Habibullah Rahmatullah Al Baqi Billah.
Latar belakang beliau adalah seorang guru Sekolah Dasar. Awal pertemuan beliau dengan tuan guru adalah ketika beliau terserang penyakit yang dirasa mematikan/malaria tropika +4 waktu itu (ketika sedang dinas diPantai Kasuari, Kabupaten Asmat sekarang, Prov. Papua)
Pada saat sekarat2nya, beliau didatangi oleh seorang bapak2 yang kira2 setengah umur memakai jubah putih & sorban putih dan memerintahkan beliau untuk masuk kedalam sebuah kolam. Didalam fikiran beliau bertanya2, siapakah orang ini? Dan mengapa juga saya harus masuk kedalam kolam padahal saya sedang terkena Malaria stadium 4?
Akan tetapi, beliaupun tetap masuk kedalam kolam dengan ribuan pertanyaan. Setelah masuk kedalam kolam ada sebuah keajaiban yang dirasakan oleh beliau, bahwa beliau sudah tidak merasa menggigil lagi.
Karena begitu gembiranya, beliau sudah tidak sadar lagi akan bapak2 yang tadi baru saja menghampiri beliau. Setelahnya beliau sadar, bapak2 itu sudah lenyap dan tidak meninggalkan jejak sama sekali.
Setelah kejadian itu, hari2 beliau dipenuhi keresahan dan pertanyaan. Hingga pada suatu saat ketika beliau berlibur ke Merauke beliau bertemu lagi dengan bapak2 yang pernah dijumpainya beberapa bulan yang lalu tengah mengajar diantara murid2nya.
“ Alhamdulillah “ ujarnya dalam hati, ternyata aku masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk bertemu dengan orang yang telah menyelamatkan hidupnya.
Itulah awalnya beliau belajar tentang Tharekat Naqsyabandiyah Al Khalidiyah yang beliau amalkan dan beliau apresiasikan kedalam kehidupan bermasyarakat sampai saat ini.
Sambil belajar dari tuan guru mursyid, beliau tetap menjalankan tugasnya sebagai seorang guru SD. Satu hal yang menjadi motto hidup beliau ” bahwa beliau tidak ada sedikitpun bercita-cita ingin menjadi guru mursyid “. Karena beliau sangat menjunjung tinggi guru beliau.
Akan tetapi amanah harus dijalankan, karena kalau tidak dijalankan maka durhaka kepada guru dan para pendahulu2.
Pernah beliau mengadu kepada sang guru mursyid : Apakah saya sanggup memikul tanggung jawab berat dari Ayah guru, kenapa tidak diserahkan saja kepada saudara2/ murid2 yang tertua? Apa kata guru beliau: “ Ko takut nak? , saya kan selalu ada bersama engkau “.
Sejak saat itulah beliau mulai memikul tanggung jawab yang diberikan oleh tuan guru Syekh H. Muhammad Harun Bin Sudji Tajul Arifin Al Makasari II Habibullah Rahmatullah Al Baqi Billah.
Hal-Hal yang telah beliau lakukan baik dari segi psikologi, social maupun keagamaan adalah sebagai berikut:

1. Mengusahakan pembuatan Yayasan yang kini telah resmi digunakan, yang didalamnya terdiri atas :
a) Madrasah (MI, MTs, MA & Rencanya STAIS)
b) Pondok pesantren
c) dll

2. Mendirikan Panti Rehabilitasi dan Konsultasi kejiwaan dengan biaya sendiri (tidak ada campur tangan pemerintah) yang didalamnya terdiri atas:
a) Tempat penampungan orang2 yang sakit mental (kejiwaan)
b) Masalah perceraian & keretakan rumah tangga
c) Penanganan masalah problem dari kalangan kawula muda
d) dll

3. Menangani masalah:
a) Menghantarkan orang dalam sakarotul maut
b) Menghidupkan orang mati dengan izin Allah SWT, apabila dipandang hidup orang yang bersangkutan bermanfaat dan maslahat.
c) dll


Pelajaran-Pelajaran yang dibawakan oleh tuan guru Syekh Mursyid Hamdani Al Jawani Kurik Bin Syekh H. Muhammad Harun Bin Sudji Tajul Arifin Al Makasari II Habibullah Rahmatullah Al Baqi Billah.

Beliau selalu berpesan kepada murid-muridnya dalam pelajaran, bahwa pelajaran tertinggi yang pertama adalah adab (sikap/kelakuan). Walaupun orang tersebut pintarnya melebihi computer, saktinya melebihi dunia seisinya apabila adabnya kurang baik/ bejad, maka sia-sialah semua ilmu yang dia miliki. Karena itu, kalau ingin mulia disisi Allah Azza Wajalla kita harus rendah dan tidak sombong dihadapan manusia.
Dan yang kedua adalah Thaharah (bersuci) Karena walaupun ilmunya hebat, ataupun jabatannya tinggi tapi tidak ada apa-apanya dihadapan Allah Azza Wajalla apabila tidak tahu/mengerti tentang Thaharah.

Jadi, letak tingginya pelajaran Tharekat Naqsyabandiyah yang disampaikan oleh beliau adalah:

a) Thoharoh
Adalah mensucikan diri dari segala macam sifat-sifat syeitan, serta mensucikan diri dari kotoran, najis, dan hadats baik dari hadats besar maupun hadats kecil.
Berikut adalah gambaran tentang Syaiton dan sifat-sifatnya yang berada didalam tubuh dan batin kita: ( THAHARAH )

Tho : AS SYAITHON
HA : HU DA'JAL
RO' : AR ROJIMI
TA' : SYAITAN

Karena alasan itulah, mengapa kita umat Islam wajib berthaharah (bersuci) sebelum beribadah mengahadap Allah Azza Wajalla.
Thaharah sendiri terdiri atas 3 bagian penting yaitu:
1) Istinja
2) Mandi
3) Wudlu
Setelah Tharah kita lakukan, selanjutnya adalah menghadap Allah Azza Wajalla.

b) Sholat dan Dzikir
1. Sholat terdiri atas sholat wajib dan sholat sunnah. Jikalau Sholat wajib dan sunnah kita kerjakan, maka jumlah rakaat secara keseluruhan adalah 50 rakaat. Sebagaimana Sholatnya Rasullullah terdahulu sebelum diringkas menjadi 5 waktu saja.
Sholat merupakan perbuatan diri(jasad) kita, sehingga apabila kita tidak pernah sholat maka matilah kita. Dan dikatakan juga di dalam al Qur’an Bahwa : “ Sholat mencegah diri kita dari perbuatan keji dan mungkar ”.
2. Dzikir
Didalam Tarekat Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah yang dibawakan oleh tuan guru Syekh Mursyid Hamdani Al Jawani Kurik Bin Syekh H. Muhammad Harun Bin Sudji Tajul Arifin Al Makasari II Habibullah Rahmatullah Al Baqi Billah, Dzikir terdiri atas : Dzikir Jahar (Besar) atau dapat dikatakan Dzikirnya Jasad, Dzikir Sir (Rahasia) atau dapat dikatakan Dzikirnya Ruh dan Dzikir Khasanah atau dapat dikatakan dzikirnya lisan (ucapan).
Jadi, ketika kita sedang membicarakan tentang Allah dan Para Ahli-Ahlinya maka hal itu dapat juga dikatakan Bedzikir. Sehingga Dzikir dapat kita lakukan dimana saja dan kapanpun (tidak dibatasi waktunya).

c) Adab
Merupakan perbuatan/tingkah laku yang kita tampilkan saat sedang berhadadapan dengan seseorang, baik dengan guru kita, ortu kita, saudara kita, teman kita atau dengan orang lain kenalan kita.
Adab yang paling rendah (hina) dimata manusia adalah adab yang paling tinggi dan mulia disisi Allah Azza Wajalla.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Assalammualaikum ww

    Dimana saya dapati semua buku diatas.?

    Terima kasih

    Hormat saya

    Ws

    BalasHapus